agar lebih awet pada mesin inilah 4 cara merawat turbo Toyota raize

 dengan hadirnya Toyota raize tentunya menjadi salah satu incaran bagi setiap orang yang ingin memilikinya, apalagi di percintaan otomotif sangat banyak sekali mereka ingin memiliki mobil raize tersebut. mobil dengan spesifikasi mesin turbo yang ada di dalamnya ini, dibanderol dengan harga dua ratus jutaan. Akan tetapi, yang juga menjadi pertanyaan, bagaimana cara merawat mesin turbo mobil Raize agar ia tidak cepat rusak?

tentunya ad acara untuk merawatnya dengan baik agar memperhemat biaya yang akan terjadi kerusakan. tentunya dengan hanya saja, mungkin masih banyak yang belum mengetahui hal tersebut. Padahal, dengan tidak merawatnya, mesin turbo dari toyota Raize akan cepat rusak dan tidak awet sama sekali.

Bagi anda yang sudah penasaran tentang bagaimana cara merawatnya, silakan simak beberapa tips di bawah ini.

ini di acara merawat mesin turbo raize

Ada beberapa cara yang harus anda lakukan untuk menjaga mesin turbo dari mobil toyota  Raize ini agar tetap awet. Bagaimana caranya? Berikut ini akan disediakan ulasan lengkap mengenainya.

  1. rajin membersihkan Filter Udara

Cara yang pertama ini yang sangat efektif untuk menjaga mesin turbo tetap bekerja dengan optimal adalah dengan membersihkan filter udara yang ada di dalamnya. Sebab udara yang masuk ke dalam mesin turbo tidak hanya berasal dari dalam mesin saja, melainkan juga berasal dari luar daerah mesin.

Karena itu, silakan membersikan filter udara yang ada dalam mesin secara berkala atau bahkan diganti jika memang sudah lama dipakai agar mesin turbo tidak menghisap udara yang kotor.

Jika terlalu banyak menghisap udara kotor, maka kotoran akan menumpuk di dalam mesin turbo. Hal tersebut tentu memengaruhi kinerja dari mesin turbo mobil ini.

  1. Menggunakan dengan adanya Angka Oktan yang Sesuai

Penggunaan angka oktan atau Research Octane Number (RON) merupakan nilai yang memperlihatkan tentang daya tahan bakar kepada kompresi mesin tanpa bisa terbakar sendiri.

Biasanya, semakin tinggi angka oktan maka semakin kecil tingkat timbal yang dihasilkan dari proses pembakaran yang ada dalam mobil.

Untuk mobil Raize sangat disarankan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang ada di atas 90. Contoh bahan bakar yang memiliki nilai oktan di atas 90 adalah Pertamax. Nilai oktan yang dimiliki oleh Pertamax adalah 92. Jadi, sangat cocok digunakan untuk mobil kesayanganmu ini.

Mengapa harus? Agar penggunaan bahan bakar yang tepat akan membuat proses dalam ruang mesin pembakaran bisa lebih sempurna dan tidak memicu timbulnya sisa gas yang nantinya akan menempel pada turbin mobil.

Jika terdapat sisa gas yang menempel pada turbin, maka besar kemungkinan kipas turbin turbo yang fungsinya adalah memompa udara ke dalam ruang pembakaran menjadi terhambat.

Mengapa tidak dengan angka rendah? Karena bahan bakar dengan nilai oktan yang rendah akan menyebabkan kinerja mesin bisa terganggu. Dan nantinya akan berakibat pada knocking. Jika terjadi dalam waktu yang lama, biasanya mesin akan rusak karena hal ini.

  1. Memilih Oli Mesin Sesuai dengan Spesifikasi

Cara ketiga ini ialah  untuk merawat mesin turbo selanjutnya adalah memilih oli mesin yang tentu harus disesuaikan dengan spesifikasi mobil Raize yang anda miliki. Biasanya, oli untuk mesin turbo lebih liquid atau lebih cair serta memiliki tingkat pelumasan dan juga pendinginan yang lebih baik dari oli biasanya.

Hal ini terjadi karena komponen yang ada dalam turbo juga mendapatkan proses pelumasan dari oli yang sama dalam mesin.

Selain itu, jangka waktu penggantian oli untuk pemilik mesin turbo juga harus lebih cepat dari mesin non-turbo. Pakailah oli yang memang disarankan oleh pabrik yang biasanya ada dalam buku manual.

Selain itu, pastikan juga takaran oli harus sesuai dengan kebutuhan. Jika takaran oli yang diberikan masih kurang, biasanya kinerja mesin turbo dari mobil ini juga tidak akan bisa optimal. Performanya juga pasti menurun dan akan menyebabkan kerusakan dini terhadap mesin turbo yang ada di dalamnya.

Jadi, pastikan untuk mengisi oli lebih cepat dari biasanya, memastikan jenis oli rekomendasi dari pabrikan, dan juga menyesuaikan takaran oli agar suplai oli ke dalam mesin turbo bisa optimal.

  1. Perawatan Secara Berkala

Cara keempat yang memang merupakan cara efektif adalah dengan melakukan perawatan mesin turbo secara berkala. Silakan membawa mobil kesayanganmu ini ke bengkel resmi yang menyediakan jasa perawatan mobil. Di sana akan banyak teknisi handal yang membantumu merawat mesin turbo mobil.

Bawalah ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan setiap 6 bulan sekali. Dengan datang ke bengkel, anda bisa tenang lantaran sudah ada tangan ahli yang akan merawat tingkat keawetan dari mesin turbo mobil Raize milikmu.